3 Candi Hindu Yang Ramai Dikunjungi di Yogyakarta

Posted on

Jogja memiliki banyak sekali candi-candi yang bertebaran di beberapa kawasan di provinsi ini. Candi-candi tersebut merupakan peninggalan dari masa kekuasaan Mataram Kuno yang berkuasa di Dataran Prambanan pada abad 8-11 masehi sebelum pindah ke Jawa Timur. Selama berkuasa di kawasan tersebut mereka membangun banyak candi-candi yang melambangkan kebesaran mereka. Candi-candi yang dibangun digunakan untuk tempat peribadatan umat Hindu dan Buddha. Sekarang candi-candi tersebut sebagian masih bisa disaksikan dan dinikmati oleh rakyat Indonesia. Terdapat beberapa candi Hindu yang sangat terkenal dan menjadi objek wisata populer bagi wisatawan yang datang ke Jogja. Apa saja candi-candi Hindu yang populer dan menjadi objek wisata favorit wisata di Jogja? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Candi Prambanan

Candi pertama adalah Candi Prambanan. Candi ini bisa dikatakan candi Hindu paling populer di Indonesia. Dengan bentuknya yang indah, tidak ada yang mampu mendindingi kepopuleran candi yang dipersembahkan untuk 3 dewa utama umat Hindu ini. Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke 9 masehi pada masa Dinasti Sanjaya di era Kerajaan Mataram Kuno. Candi Prambanan masuk dalam salah satu warisan dunia UNESCO. Bagi wisatawan yang menyukai sejarah dan juga arkeologi candi ini merupakan tujuan utama yang harus dikunjungi selama berlibur di Jogja. Wisatawan bisa melihat betapa megahnya bangunan yang tersusun dari batuan andesit ini.

  1. Candi Ijo

Candi Hindu berikutnya yang tidak kalah populer adalah Candi Ijo. Candi ini berdiri di sebuah bukit bernama bukit Ijo yang memiliki ketinggian 410 meter diatas permukaan laut. Candi ini hanya berjarak sekitar 4 km arah tenggara dari Istana Ratu Boko yang juga merupakan peninggalan terbesar Kerajaan Mataram Kuno. Candi Ijo dibangun pada abad ke 10 atau 11 masih bisa dinikmati hingga sekarang. Selain bisa menikmati keindahan arsitektur dari candi ini, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di kawasan ini. Setiap sore, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan matahari terbenam di tempat ini. Momen sunset di candi ini merupakan salah satu yang terbaik di Jogja.

  1. Candi Sambisari

Salah satu yang terkenal adalah Candi Sambisari yang berlokasi di Kalasan. Candi ini memiliki keunikan tersendiri karena berdiri di sebuah lembah sehingga membuat pemandangan candi ini berbeda dengan candi-candi laiinya. Pengunjung bisa menyaksikan komplek candi ini dari atas. Karena tempatnya yang tenang dan juga asri membuat wisatawan banyak yang datang ke Candi Sambisari untuk berlibur.

Demikian penjelasan singkat kami mengenai candi-candi Hindu yang populer di mata wisatawan di Jogja. Jika Anda ingin datang ke candi-candi tersebut dalam rombongan besar, Anda bisa sewa bus Jogja agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *