10+ Cara Meningkatkan Kesuburan Anda

Posted on

Makan dengan baik

Scrambled eggs add-ins

Inilah kabar baiknya: Tetap bergizi baik meningkatkan peluang Anda untuk hamil! Pastikan untuk memasukkan cukup protein, zat besi, seng, vitamin C, dan vitamin D dalam makanan Anda, karena kekurangan nutrisi ini dikaitkan dengan siklus menstruasi yang lama (dan karena itu ovulasi yang jarang terjadi) dan risiko keguguran dini yang lebih tinggi. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus mengkonsumsi suplemen multivitamin setiap hari. Dan pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya protein, seperti daging, ikan, produk susu rendah lemak, telur, dan kacang.

 

Perhatikan Berat Anda

Selain dari risiko lain yang ditimbulkannya bagi kesehatan Anda, kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon tertentu yang mengganggu ovulasi. Siklus Anda mungkin kurang teratur, Anda mungkin berovulasi lebih jarang, dan Anda menurunkan kesempatan Anda untuk hamil. Di sisi lain, terlalu sedikit lemak tubuh berarti tubuh Anda mungkin tidak menghasilkan cukup hormon untuk berovulasi setiap bulan atau untuk mempertahankan kehamilan jika Anda hamil. Olahraga bisa membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Jangan berlebihan, kata Christopher Williams, M.D., seorang ahli endokrinologi reproduksi di University of Virginia, di Charlottesville, dan penulis buku The Fastest Way to Get Pregnant Naturally. Bicaralah dengan dokter atau bidan tentang rutinitas latihan Anda sebelum mencoba hamil.

 

Steer Clear of Pestisida

Banyak pestisida dan herbisida – bahan kimia yang digunakan untuk membunuh serangga dan gulma yang mengancam tanaman – menurunkan kesuburan pria dan dapat mempengaruhi kesuburan wanita dengan menghambat fungsi ovarium dan mengganggu siklus menstruasi. Sebagian besar penelitian yang dilakukan sampai saat ini berkaitan dengan bagaimana paparan kerja mempengaruhi kesuburan, namun sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Reproduksi Manusia edisi Maret 2015 adalah yang pertama menunjukkan bagaimana mengonsumsi buah dan sayuran dengan pestisida dapat mempengaruhi jumlah sperma. Studi tersebut mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan dengan perlakuan paling pestisida memiliki jumlah sperma yang lebih rendah dan sperma berkualitas rendah. Jadi jika Anda ingin hamil, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayuran organik, cuci dengan residu dengan hati-hati, dan hindari mengoleskan pestisida ke kebun atau kebun Anda.

 

Perhatikan Masalah Tempat Kerja

Woman working in a lab
Menurut Centers for Disease Control (CDC), radiasi, nitrous oxide, bahan bakar jet, dan bahan kimia industri umum tertentu dapat mengganggu siklus menstruasi dan menurunkan kesuburan. Tak perlu dikatakan lagi, hati-hati jika Anda memiliki pekerjaan yang bekerja dengan bahan kimia berbahaya. Pergeseran kerja yang bergilir juga dapat mempengaruhi kesuburan: Satu studi terhadap hampir 120.000 wanita menemukan bahwa mereka yang bekerja bergiliran bergeser memiliki tingkat kesuburan 80 persen lebih tinggi daripada mereka yang bekerja pada shift hari yang stabil. (Pergeseran malam yang lurus lebih baik dari pada bergiliran bergeser juga). Ingatlah untuk memaksimalkan kesuburan Anda dengan meminta perubahan yang stabil, jika memungkinkan, dan selalu gunakan pelindung diri jika Anda bekerja di lingkungan dengan bahan kimia tertentu.

ubat tahan lama

 

Berhenti Merokok (Rokok, Itu)

woman crumpling pack of cigarettes
Seolah-olah Anda memerlukan alasan lain untuk berhenti merokok: Racun rokok tidak hanya merusak telur wanita, mengganggu proses pemupukan dan implantasi, tapi juga menyebabkan ovarium menua. Itu berarti bahwa indung telur dari seorang perokok berusia 35 tahun berfungsi seolah-olah mereka berasal dari seorang anak berusia 42 tahun dan karena itu kurang subur, kata Robert Barbieri, MD, kepala kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Brigham dan Wanita, di Boston. , dan rekan penulis 6 Langkah Meningkat Kesuburan. “Merokok merusak permanen kesuburan Anda, tapi saat Anda memotong rokok, Anda mendapatkan beberapa fungsi ovarium kembali.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *