Tips Merawat Anggrek Bulan Dari Bibit Hingga Berbunga

Posted on

Bagi pecinta bunga, anggrek bulan sudah tidak asing lagi didengar. Keeksisan bunga yang satu ini memang tak pernah ketinggalan jaman. Selalu saja menjadi primadona untuk dijadikan tanaman hias di dalam ruangan ataupun di halaman rumah anda. Mengembangbiakkan dan merawatnya terbilang mudah. Kesabaran dan ketelatenan adalah kunci utama sebagai pembudidaya tanaman hias. Ketika berbunga, anda akan merasakan kebahagiaan yang tak terkira karena selama ini telah merawatnya secara ulet dan penuh kesabaran untuk menikmati keindahan bunga anggrek bulan ini.

Merawat dan membesarkan anggrek bulan hingga berbunga sangat cantik nan indah ini tidak membutuhkan perawatan yang mahal. berikut ini cara merawat anggrek bulan dari mulai benih hingga berbunga.

1. Bibit bunga dapat anda beli di toko bunga. Harganya berkisar Rp6.000-Rp15.000/pot.
2. Bibit tadi diletakkan dalam trey agar mudah dipindahkan.
3. Agar tumbuh cepat, siram bibit dengan larutan Gromor sebagai perangsang hormon tumbuh selama 3 bulan. Perbandingannya 1/2sdt : 1 L air bersih.
4. Pindahkan bibit yang telah dirawat selama 3 bulan tadi ke dalam pot yang telah disiapkan sebelumnya. Lalu tanam tanpa menunggu waktu sampai tanamannya layu.
5. Anggrek bulan termasuk jenis tanaman epifit, jangan menyiram tanaman hingga tergenang airnya. Secukupnya saja hingga serasa air telah membasahi akar. Dapat pula ditambahkan pupuk untuk merangsang pertumbuhan serta menyuburkan tanaman.
6. Anggrek bulan di habitat asli tumbuh menempel pada pohon besar berkanopi sehingga teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Anda dapat menempelkan tanaman anggrek pada pohon yang memiliki daun yang lebar sebagai peneduh dan tidak terlalu terbuka.

Demikian beberapa tips merawat anggrek bulan sejak menjadi bibit hingga siap jual dengan harga pada umumnya dipasaran. Merawat tanaman anggrek bulan sejak dalam masa pembibitan hingga berbunga memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Setelah berbunga anda akan merasa senang dan bahagia karena kesabaran anda selama ini berhasil juga. Selamat mencoba berbudidaya anggrek bulan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *